Semangat Babinsa Grobogan Bantu Petani Jagung Di Wilayahnya
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 182 kali

GROBOGAN - Babinsa Koramil 0717/17 Kradenan Sertu Ali Sodikin  melaksanakan kegiatan ketahanan pangan, nampak semangat membantu petani memupuk tanaman jagung jenis Pioner 21 di lahan persawahan milik Bp. Randiyo Poktan Sumber rahayu Ds. Crewek RT 02/002, Kec. Kradenan Kab. Grobogan,  Rabu (6/6).

 

Pemupukan pada tanaman jagung di musim kemarau ini umumnya para petani melarutkan pupuk ke dalam air lalu disiramkan ketanaman jagung satu persatu yang dikenal masyarakat Ds. Crewek dengan istila ngocor jagung.

 

Sertu Ali Sodikin mengatakan, metode pemupukan yang diberikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil panen jagung, sebaiknya jagung dipupuk pada masa awal penanaman jagung, pupuk dasar di awal masa pemupukan berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan. “Pemupukan tanaman jagung ini berlangsung selama masa tanam,” ujarnya.

 

Bp. Randiyo pemilik lahan menagatakan, Babinsa pendamping sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya. “Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi,” tuturnya. (Pendim 0717/Pwd) (Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :