Persit Koorcabrem 073/Makutarama Gelar Tes Iva Di Dkt Dr. Asmir Salatiga
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 214 kali

Salatiga – Persit Korem 073/Makutarama mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) secara serentak bagi anggota Persit dan PNS Korem 073/Makutarama dan Satdisjan jajaran Korem 073/Makutarama. Langkah ini untuk mengantisipasi berkembangnya kanker leher rahim (serviks) yang sangat urgent di kalangan kaum perempuan.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persit Kartika Candra Kirana ke 72 dan mempunyai tujuan untuk meminimalisir penyakit kanker servik, yang kita ketahui bahwa setiap tahun angkanya terus bertambah untuk itu laksanakan tes IVA serentak kepada Persit Jajaran Korem 073/Makutarama dan Satdisjan.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Persit Kartika Koorcabrem 073/Makutarama Ny. Joni Pardede. Dalam arahannya mengawali acara tersebut, Ny. Joni Pardede menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk mengingatkan kembali akan bahaya kanker payudara dan kanker rahim bagi kaum perempuan terutama bagi para Persit dan PNS Korem 073/Makutarama.

 Jika ada yang mempunyai bibit atau sudah menderita penyakit kanker payudara dan kanker rahim, agar segera berobat atau mengikuti program yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, karena akibatnya bisa fatal jika tidak segera diobati, menurut Ny Joni Pardede.

 Melalui pemeriksaan deteksi dini IVA Test ini, diharapkan bisa mengantisipasi dan mencegah penyakit kanker rahim bagi ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 073/Makutarama

Tes dilaksanakan di DKT Dr. Asmir Salatiga yang diikuti oleh sekitar 300 orang. Tes ini menghadirkan tim medis tes IVA dari Kesdam IV/Diponegoro.

Dengan dilakukan tes tersebut, Ibu-ibu Persit mengaku gembira lantaran bisa mengetahui kesehatan masing-masing dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Tim medis dari kesdam menyampaikan, Tes IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan pemberian asam asetat.

Sedangkan tujuan tes IVA tersebut untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Selain itu juga untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

Syarat dilakukannya tes IVA ini antara lain tidak sedang datang bulan atau haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan suami istri. (Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :