Korem Makutarama Latihkan Penanggulangan Kebakaran
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 57 kali

Salatiga,- Salah satu materi Latbencal yang dilaksanakan Korem 073/Makutarama hari ini adalah latihan penanganan kebakaran yang dilaksanakan di halaman Makorem Salatiga.

 

Latihan ini didasari maraknya kebakaran yang terjadi dilingkungn kita, peristiwa kebakaran dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Tidak ada ruang ataupun lingkungan yang terbebas dari resiko kebakaran, dimana peristiwa tersebut dapat mengakibatkan korban materi serta adanya korban jiwa maupun kerugian lain secara tidak langsung.


Sehingga alangkah bijaksananya kita untuk selalu siaga dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran. Untuk itu perlu ditingkatkan kerja sama antara TNI,Polri dan unsur masyarakat yang lain sehingga dalam penanganannya kita bisa cepat dan tepat sehingga meminimalisir korban harta maupun nyawa.

 

Adapun sebagai koordinator materi yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Pati. Koordinator menjelaskan cara-cara untuk menanggulangi apabila ada bencana kebakaran.

 

Tujuan dari pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau di lingkungan kerja dan dilingkungan luar.

 

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran berdasarkan media pemadaman termasuk cara penggunaan selang hydrant. Penggunaan hydrant untuk memadamkan kebakaran membutuhkan keahlian khusus dari petugasnya.

 

Peralatan yang digunakan pun lebih beragam. Secara garis besar, metode ini memanfaatkan tenaga air untuk memadamkan api yang menyala. Penggunaan APAR relatif lebih mudah dan lebih aman. Dari jarak 3-5 meter, pemadam menyemprotkan APAR ke material yang terbakar. Unsur kimia dari APAR akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut. Kegiatan ini mendapat antusias dari para peserta latihan yang hadir.

 

Kasiop Rem Mayor Inf Enrico mengatakan materi yang disampaikan oleh koordinator sangat lengkap dan jelas. Praktik dari tim BPBD juga sangat detail. Para peserta latihan  juga diberi kesempatan mencoba dan diberi reward sebagai apresiasi. Dia berharap dengan latihan ini dapat paham dan mengerti tentang cara memadamkan api dengan menggunakan APAR dan karung goni basah.

 

Hadir dalam latihan ini dari unsur prajurit Korem 073/Mkt dan Disjanrem, perwakilan Polri, BTNGM, Satpol PP, BPBD. (Penrem 073/Makutarama)

 







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :